top of page

Si Dingin Nyaman - R32


Hello guys! Temen-temen, Bapak-bapak, Ibu-ibu, Om-Tante, Kakak, Ade semuanyaaa pokoknya ( asikin aja ya! ). Welcome to TPI’S ARTICLE! Kali ini kita mau bahas REFRIGERANT R32. Apa sih Refrigerant R32? Bedanya apa sih sama Refrigerant yang lama? Harganya mahal gak? Oke, oke. Simpan semua pertanyaannya, kita bahas 1 per satu yah.


•What Is R32 Refrigerant ?


Thomas Midgley Jr. menciptakan gas pertama yang tidak mudah terbakar, chlorofluorocarbons (CFC) tidak beracun pada tahun 1928. Yang kita kenal sekarang "Freon". Karena CFC berkontribusi terhadap penipisan ozon di atmosfer bagian atas, kemudian digantikan oleh hidrofluorokarbon (HCFC), jadi nama-nama gas ttsb dikasih label sejumlah yang menunjukkan komposisi molekul seperti refrigerant R22, atau R12 yang biasa digunakan sebagai pendingin dalam mobil.


Awal refrigerant yang paling banyak digunakan dalam proses pendinginan di rumah yang dikenal dengan R22, jenis ini mulai berkurang dan akan dihapus mulai 2015 sebagai keputusan kementerian industri karena senyawa kimia itu bisa merusak lapisan ozon ( oh no! )


Beberapa jenis freon dikembangkan sebagai refrigerant alternatif yaitu R410A dan R32 yang memusatkan perhatian pada efisiensi energi, meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dan mengurangi kerusakan ozon.


R32 Refrigerant adalah CH2F2 (Difluoromethane) merupakan suatu Refrigerant tunggal yang terbentuk dari struktur kimia yang stabil antara Hidrogen, Carbon dan Fluorine. Hayooo yang dulu sekolah / kuliahnya di Jurusan Kimia pasti paham kan?


Jadi kesimpulannya adalah Freon R32 lebih ramah lingkungan, dan tingkat kedinginannya lebih tinggi dibandingkan dengan R22 dan R410A. Begitu loh. Ini dia penampakkannya.


•When will the R32 Refrigerant be used?

Freon R32 ditemukan oleh Daikin dari Jepang pada tahun 2012, dan mulai digunakan oleh Daikin pada tahun 2013. Pemasarannya di Indonesia juga dimulai di tahun yang sama, yaitu 2013.

•Why should R32 Refrigerant?


Meski ada berbagai jenis refrigerant, R32 merupakan zat pendingin baru yang saat ini paling diminati loh. Karena R32 efisien menyampaikan panas, jadi dapat mengurangi konsumsi listrik hingga sekitar 10% dibandingkan dengan pendingin udara yang menggunakan refrigerant lainnya! Mantap gak tuh?


Selanjutnya, kalau dibandingin sama refrigerant yang banyak digunakan saat ini seperti R22 dan R410A, R32 memiliki potensi pemanasan global (GWP) yang 1/3 lebih rendah!! Dan pastinya dampaknya terhadap lingkungan juga rendah! Gak percaya? Coba liat grafik dibawah ini deh.


*Source:

Values for 100 year global warming potential (GWP) from IPCC Fourth Assessment Report. Comparative 100 year GWP: HFC410A, 2,090; HFC32, 675.

Nah terbukti kan? Dari grafik diatas, temen-temen bisa liat bahwa R32 lebih aman dampaknya sekitar 30% dibandingkan R22 dan R410A terhadap lingkungan! Jadi, kalau kita beralih menggunakan AC dengan freon R32, otomatis kita juga sudah ikut menyelamatkan bumi kita dari pemanasan global! Bangga dong? Ya jelas! Abisnya gak ada planet lain yang bisa ditinggalin selain di Bumi ini ya kan? Hehehe.

Tapi sayangnya, R32 masih memiliki tingkat terbakar (flammability) yang agak mudah terbakar dibandingan R22 atau R410A. Standar Internasional ISO 817: 2014, memisahkan sifat mudah-terbakar refrigerant menjadi 4 kategori sebagai berikut:


- Noflame propagation (Kelas 1),

- Lower flammability (Kelas 2L)

- Flammable (Kelas 2)

- Higher flammability (Kelas 3).


Dalam bahasa umum, klasifikasi ini disebut Non Flammable, Mildly Flammable, Flammable and Highly Flammable. R32 jatuh ke dalam "sifat mudah terbakar lebih rendah" Atau Kelas 2L yang berarti "agak mudah terbakar". Tapi tenang aja, selama pemasangan AC sesuai dengan prosedur dan standarisasi keamanan, pasti teknisi yang mengerjakan bisa memasang AC R32 sampai selesai.


Dimana ada kelebihan, disitu juga pasti ada kekurangan. Nah ini dia

kelebihan dan kekurangan Refrigerant R32 yang udah berhasil tim TPI’S ARTICLE rangkum dari berbagai sumber


The Benefits


- Penipisan Ozon Nol ( perfect! )

- 1/3 GWP dari R410A dan R22

- Efisiensi energi yang superior

- Kapasitas pendinginan yang tinggi & konduktivitas termal

- Refrigeran komponen tunggal mudah ditangani dan dipulihkan

- Toksisitas rendah


The Disadvantanges


- Memiliki tingkat terbakar yang agak rendah (dibandingkan dengan R22 dan R410A)

- Sedikit lebih mahal


• Where we can find R32 Refrigerant / Airconditioner with R32 Refrigerant?


Ah ini sih pertanyaan gampang! Temen-temen bisa dapatkan dan bisa cari Refrigerant R32 ataupun AC yang menggunakan R32 di toko-toko AC atau dealer-dealer resmi AC terdekat! Salah satunya ya kami, PT Tehnik Pendingin Indonesia. Kami menjual merk AC yang menggunakan R32 maupun Refrigerant R32 aja loh!


Untuk saat ini, produk AC yang menggunakan R32 ( yang tersedia di TPI ) hanya ada DAIKIN dan PANASONIC. Jadi, kalau temen-temen carinya AC dengan freon R32, kami Cuma bisa kasih kedua merk itu yah! Tapi tenang aja, harganya terjangkauuuu kok!


Tapiiii (duh masih pake tapi yaa) Kita mau ingetin lagi nih kalau Refrigerant R32, itu BEDA / GAK COCOK / GAK KOMPATIBEL dengan R22 maupun R410A yaaa. Sehingga ketiga Refeigerant tsb TIDAK BOLEH dicampur ataupun DIGANTI jenisnya. Jadi misalkan freon AC temen-temen habis karena bocor dll, tetap harus diisi ulang dengan freon tipe bawaan AC nya ( misalkan AC temen-temen R410A, yah di isi ulangnya pake R410A juga). Kayak mesin lain aja.Motor / Mobil. Bahan bakarnya bensin kalo di isi air yah rusak atuh mesinnya hahaha

Satu-satunya cara untuk mengganti freon AC misalkan dari R22 ke R32 adalah dengan membeli AC yang baru yang sudah menggunakan Freon R32. Jangan lupa ya ganti Installasinya juga! AC baru cocoknya sama Installasi baru!


• How to take care of Airconditioner unit with R32 Refrigerant?


Gampang banget! Yang pasti, pada saat pemasangan awal pastikan temen-temen pasang di tempat yang tepat! Kayak PT Tehnik Pendingin Indonesia ini. Kenapa? Karena teknisi kita sudah memiliki sertifikat tertulis resmi dari DAIKIN dan PANASONIC serta brand lainnya yang kami jual karena telah mengikuti training baik secara teori maupun praktek di masing-masing Training Centre! Jadi pasti semua teknik pemasangan, prosedurnya, material seperti apa yang harus dipakai saat pasang AC dengan freon R32 pasti team kami sudah paham 


Selain itu, temen-temen cukup bersihin unit AC kalian 2 bulan sekali ( kalau dipakainya 24 jam sebaiknya sebulan sekali yah!), service besar ( pembersihan secara total unit indoor dan outdoornya ) juga perlu dilakukan 1 tahun sekali agar unit AC tetap bersih maksimal.


Serta jangan lupa, perhatikan settingan remote control AC temen-temen! Jangan ngeluh gak dingin tapi gak taunya setingannya ‘’FAN’’ atau ‘’DRY’’ atau ngeluh gak dingin gara-gara temperaturnya di remote-nya 28ºC yaa hahaha. Disarankan juga setiap pembersihan / pengecekan berkala temen-temen bisa minta agar teknisi mencatat semua history si unit AC di laporan tertulis. Jadi kedua pihak tau bagaimana keadaan unit AC


Oke deh sekian dulu artikel kali ini ya. Mudah-mudahan bermanfaat.

Sampai ketemu di artikel lainnya!






Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page